Beritahukan Alamat, Seekor Nuri Pulang ke Rumah

Ketika seekor burung nuri bernama Yosuke keluar dari kandangnya dan tersesat, ia melakukan apa yang selama ini diajarkan padanya: memberitahukan nama dan alamatnya pada orang-orang agar menolongnya.

Cerita berawal ketika seorang polisi menemukan nuri abu-abu itu dua minggu lalu di sebuah atap di kota Nagareyama, dekat Tokyo. Setelah menghabiskan semalam di kantor polisi, ia diserahkan ke sebuah rumah sakit untuk hewan.

Sebelumnya ia tak mau bicara sepatah katapun dengan Shinjiro Uemura, polisi yang menemukannya. Namun dengan dokter hewan, ia mau mengungkapkan jati dirinya.

"Saya adalah Tuan Yosuke Nakamura," ujar burung itu. Lalu ia melanjutkan dengan memberitahukan alamatnya secara lengkap, termasuk nama jalan dan nomor rumahnya. Ia bahkan menghibur petugas rumah sakit dengan bernyanyi.

"Atas informasi tersebut, kami segera mengecek alamatnya, dan tahukan Anda? keluarga Nakamura benar tinggal di sana. Kami segera beritahukan bahwa kami menemukan Yosuke," kata Uemura.

Menurut pemiliknya, keluarga itu memang telah mengajarkan burung mereka untuk bicara, terutama mengucapkan nama dan alamat. Selama dua tahun kalimat-kalimat itu diajarkan.

Yang mengherankan, Yosuke tidak mau bicara dengan polisi. "Saya mencoba bersikap baik dan mengajaknya bicara. Namun ia tidak mempedulikan sama sekali," ujarnya.

Sumber