EXCALIBUR Sword


Tahu kah kamu tentang legenda pedang Excalibur ini? Tak hanya masyarakat Inggris, legenda ini kini dikenal di seluruh belahan bumi. Excalibur adalah pedang milik King Arthur yang memiliki kekuatan ajaib. Bahkan saking saktinya, pedang itu membawa Arthur ke puncak kekuasaan Inggris. Dalam versi lain, Excalibur dianggap nama lain dari "Sword in The Stone", yang menjadi bukti keturunan Raja Arthur. Legenda ini pertama kali muncul dalam puisi Robert de Boron Merlin. Dikisahkan, pedang Excalibur hanya bisa dicabut dari batu oleh pewaris King Arthur.

Sementara dalam "Suite du Merlin", Arthur menerima Excalibur dari Lady of the Lake. Pedang pengganti itu diberikan setelah pedang Arthur patah ketika harus bertempur melawan Raja Pellinore. Awalnya, Arthur adalah prajurit Roma. Namun loyalitas keturunan blasteran Roma dan Inggris (Britain) itu luntur setelah Roma berubah menjadi kerajaan yang serakah kekuasaan. Arthur pun dicampakkan.

Tidak puas dengan keadaan, Arthur memimpin prajurit Roma yang setia kepadanya untuk mendirikan kerajaan baru di negeri sang ibu, Britain. Di bawah King Arthur, Britainia tumbuh menjadi kerajaan yang disegani. Bahkan berbekal pedang Excalibur, Arthur mampu memimpin Britania menguasai dunia.

Konon, Pedang Excalibur ini hanya bisa dicabut oleh tokoh yang kejujurannya tidak diragukan lagi.

NB: Kalo di Indonesia nih, mungkin Keris Mpu Gandring yang paling manteb yah??