Bemo, Primadona Angkutan Masa Lalu.

Ngomong-ngomong tentang Bemo, saya jadi inget masa kecil waktu tinggal di Kebayoran Lama,Jaksel. Waktu itu saya sekolah di Tarakanita di kawasan Barito,Jaksel cuma sampe kelas 2SD doank sih. Waktu itu saya sering banget naik Bemo angkutan tua bin antik. Tapi setelah pindah ke Tangerang jadi jarang banget naik Bemo. Tapi ngomong-ngomong pada tau ga nih sejarahnya Bemo di Indonesia? Baca aja terus deh..


Tidak banyak yang mengetahui bahwa bemo adalah kendaraan beroda tiga buatan Daihatsu, yang di Jepang dikenal denagn nama Daihatsu Midget. Tidak diketahui secara pasti mengapa kendaraan beroda tiga itu di Indonesia diberi nama bemo. Ada yang menyebutkan bahwa nama Bemo itu merupakan kependekan atau singkatan dari becak motor. Tidak diketahui, apakah kenyataan sebenarnya memang seperti itu, mengingat di Jakarta pernah muncul becak motor, yang diberi nama Mobet (motor betjak, ejaan lama). Namun pada tahun 1951, pernah ada kendaraan beroda tiga buatan Daihatsu yang diberi nama Daihatsu Bee.

Daihatsu Midget mulai dipasarkan tahun 1957. Namun, Daihatsu Midget baru masuk ke Indonesia pada awal Orde Baru berdiri, tepatnya pada tahn 1968. Dan, yang masuk ke Indonesia itu adalah Daihatsu Midget keluaran tahun 1961. Daihatsu Midget yang kemudian diberi nama Bemo digunakan sebagai angkutan kota (rute dekat) pengganti Opelet yang dianggap sudah tidak efisien lagi.

Masuknya Bemo tentu saja disambut baik karena dianggap sangat irit dalam mengonsumsi bahan bakar, terutama bila dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar Opelet. Bersamaan dengan masuknya Daihatsu Midget ke Indonesia, juga masuk Mazda Transporter 360 yang beroda tiga, yang sosoknya mirip dengan Daihatsu Midget. Na,un kendaraan beroda tiga buatan Mazda itu tidak dapat bersaing dengan Daihatsu Midget karena harga jualnya lebih mahal.
Di Indonesia Daihatsu Midget memang dijadikan kendaraan umum, tetapi dalam iklannya, pengendaranya adalah seorang pria yang mengenakan setelan jas lengkap dengan dasinya. Dan, iklan itu dilengkapi tulisan, shift into thrift with Daihatsu Trimobile (berubah menjadi hemat denagn Daihatsu Trimobile).

Jadi sebelum Bemo benar-benar punah dari jalanan Ibukota, apakah anda berminat menaikinya?